JARINGAN KOMPUTER

·

Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang terhubung dengan media jaringan tertentu dimana mereka bisa saling berinteraksi, berbagi data dan semua sumberdaya yang ada pada komputer.
  1. Jenis Jaringan Komputer
  • Local Area Network (LAN)
Local Area Network adalah beberapa komputer yang saling berhubungan dalam satu lokasi. Semua komputer dalam LAN dapat saling berhubungan dan mengakses suber-sumber daya yang ada pada komputer yang lain. Sumber daya (resouce) yang dimaksud disini bisa berupa data pada server, data pada komputer lain, printer, periferal lain, dan sebagainya.
  • Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN bisa mencakup kantor-kantor dan perusahaan yang letaknya berdekatan dan bisa dimanfaatkan dalam keperluan pribadi(swasta) atau umum. MAN dapat menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

  • Wide Area Network (WAN)
Jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas dan dapat mencapai jaringan antar negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

  • Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras atau perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan ini diperlukan mesin yang dinamakan gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik peramgkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut internet.

  • Intranet
Secara harfiah, kata intranet terbagi menjadi dua bagian yaitu intra yang berarti “di dalam” dan kata net yang berarti “jaringan” (komputer). Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa intranet adalah jaringan komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batas suatu organisasi. Sedangkan jika dilihat dari sudut teknisnya, intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi internet dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN).

  • Jaringan Tanpa Kabel (WLAN)
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapatkan informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka jaringan tanpa kabel mutlak diperlukan karena koneksi kabel tidak mungkin dibuat didalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sedang marak digunakan dengan jasa satelit dan mampu memberikan akses yang sangat cepat dibanding menggunakan jaringan kabel.



0 komentar:

Posting Komentar

Alexa Rank

TAGS