Organisasi Komputer

·

1. PENGERTIAN KOMPUTER

Kata “komputer” berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya mengitung. Komputer dalam artian yang lebih lengkap ialah mesin penghitung elektronik yang dapat melakukan perhitungan secara cepat seperti perhitungan aritmatik maupun perhitungan logika. Menurut para peneliti, komputer dapat diartikan sebagai alat elektronik yang mampu menerima data (input) kemudian diproses dan dikeluarkan (output) berupa informasi text, grafik maupun suara.



2. DIAGRAM BLOCK

Secara sederhana Arsitektur komputer seperti yang digambarkan di bawah ini:










2.1 Input Device
Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh dari perangkat input diantaranya:
  • Keyboard
Keyboard digunakan untuk memberikan masukan (input) ke dalam komputer, dimana masukan (input) tersebut dapat berupa data atau perintah yang dimasukkan dengan cara mengetikkannya langsung pada keyboard. Keyboard ada beberapa macam:
  • Serial
  • PS/2
  • USB
  • Wireless


2.2 Output Device
Output device adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Contoh peralatan output device diantaranya:

  • Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang berfungsi menampilkan informasi berupa Text maupun gambar grafik. Teknologi monitor sampai saat ini ada dua jenis yaitu CRT (Cathode Rays Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display).

2.3 I/O Port

I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port – port dibawah ini:
  • Port Paralel dan Port Serial
  • USB (Universal Serial Bus)

2.4 Central Prosesing Unit
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data serta bagian Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.

2.5 Memory
Memory terdiri dari dua bagian yaitu:
  • Internal Memory
Internal memory berfungsi untuk menyimpan data atau program selama proses masih berlangsung atau komputer dalam keadaan hidup. Memory internal bersifat sementara karena tergantung pada daya listrik. Jika daya listrik mati maka data yang ada pada memory internal akan terhapus. Contoh dari memory internal ialah: RAM dan ROM.
  • External Memory
External memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan data atau program. Memory jenis ini bersifat permanen dalam penulisan data. Meskipun tidak ada listrik data tetap tersimpan karena tidak bergantung pada daya listrik. Contoh dari memory external diantarnya: Harddisk, CD-ROM, Flashdisk, dll

2.6 Data BUS
Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port .

2.7 Address BUS
Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).

2.8 Control BUS
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port .




0 komentar:

Posting Komentar

Alexa Rank

TAGS